Perkuat Kualitas Pendidikan, Tiga UPT Bersatu

Perkuat Kualitas Pendidikan, Tiga UPT Bersatu

PALANGKA RAYA-Berakhir sudah rangkaian acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang digelar oleh tiga unit pelaksana teknis (UPT) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu BP PAUD dan Dikmas, LPMP dan Balai Bahasa Kalteng di lingkungan LPMP Kalteng, kemarin.
Dalam puncak Hardiknas 2018, dilakukan apel di halaman LPMP Kalteng. Di mana Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalteng, Dr Didik Tri Yuswanto dipercaya sebagai inspektur upacara. Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang dibacakan Dr Didik menjelaskan tentang tema Hardiknas 2018 yakni “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sesuai dengan tema tersebut, diharapkan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.
“Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan,” jelasnya.
Selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 Juta anak, pendidikan nonformal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa. Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi.
“Kita bersyukur tahun ini tiga UPT yaitu BP Paud dan Dikmas, LPMP dan Balai Bahasa Kalteng tidak berjalan sendiri-sendiri lagi tetapi saling melengkapi dan bersinergi dalam meningkatkan mutu pendidikan baik formal, nonformal dan informal,” jelasnya kepada Kalteng Pos.
Ditempat yang sama, Kepala LPMP Kalteng, Sukaryati mengatakan, masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan sebagaimana yang dikatakan Dr Didik Tri Yuswanto.
“Untuk peningkatakan mutu pendidikan kami akan perkuat koordinasi dengan dinas Pendidikan provinsi dan kota kemudian dengan dua UPT sebagai mitra kami,” jelasnya.
Selain itu, untuk meningkatkan koordinasi, pihaknya pun akan melangsungkan pertandingan persahabatan pada 17 Agustus 2018 nanti.di samping mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya yang melibatkan tiga UPT ini.
“Kalau kita bisa bergandengan, Insya Allah mutu pendidikan di Kalteng akan semakin baik. Berkaitan dengan tugas pokok LPMP Kalteng untuk meningkatkan mutu pendidikan kami akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas pendidikan setempat,” ungkapnya. (pri/s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *