TUMBUHKAN BUDAYA BACA SEJAK DINI MELALUI GERNAS BAKU

TUMBUHKAN BUDAYA BACA SEJAK DINI MELALUI GERNAS BAKU

Masih memprihatinkannya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia memunculkan gagasan untuk dilakukannya suatu gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan minat baca.  Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas pun menggagas Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Gerakan ini  merupakan gerakan nasional yang kolaboratif antara pemerintah, pegiat peduli PAUD, perguruan tinggi, dan dunia usaha untuk  mendukung partisipasi keluarga dan lembaga PAUD dalam menumbuhkan budaya membaca.

Puncak acara Gernas Baku di Palangka Raya digelar di Istana Isen Mulang, Rujab Gubernur Kalimantan Tengah pada Sabtu, 5 Mei 2018. Acara yang diselenggarakan atas kerja sama BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah dan Himpaudi serta IGTKI Provkalteng dan didukung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran. Acara ini  dihadiri  sekitar 1000 orang dari unsur BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah, Dinas Pendidikan Provkalteng, Balai Bahasa Kalteng, Himpaudi dan IGTKI provinsi/kota, Tim Penggerak PKK, Kepala sekolah serta guru PAUD, orang tua,  dan anak-anak PAUD.

Kepala BP-PAUD Dikmas Kalimantan Tengah, Dr. Didik Tri Yuswanto, M.SI, mengajak kepada semua pihak terkait agar benar-benar berperan aktif dalam menyukseskan Gernas Baku.

“Gernas Baku tidak boleh berhenti di acara seremonial saja. Setelah ini semua harus aktif melaksanakan kegiatan ini. Para orangtua harus dapat meluangkan waktu membacakan buku kepada anak-anak usia dini. Minat membaca buku untuk  menumbuhkan budaya baca harus melalui pembiasaan dan juga keteladan kita semua. Jadi, mari kita sukseskan Gernas Baku dengan aksi nyata kita,” tuturnya memberikan penguatan kepada hadirin.

Dalam acara itu Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo, membacakan cerita untuk anak-anak yang hadir. Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan Gernas Baku dan Bunda PAUD, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah, beserta ketua-ketua organisasi mitra BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah.

Gelar Gernas Baku disempunakan dengan seminar literasi yang diikuti oleh para peserta. Seminar ini diharapkan dapat membangkitkan minat semua pihak untuk proaktif dalam  menumbuhkan minat baca anak. Seminar juga menegaskan kepada semua orang tua agar memiliki motivasi untuk membacakan buku bagi anak-anaknya. (E.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *