PKBM Harati Selenggarakan UNBK Paket C Tahun 2019 secara Mandiri

Sampit – Sebanyak delapan puluh warga belajar Paket C yang terdaftar sebagai peserta UNBK Paket C Tahun 2019 melaksanakan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan di PKBM Harati. Tidak berbeda dengan siswa SMA di pendidikan formal yang baru-baru ini juga menyelesaikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), warga belajar (panggilan bagi siswa di pendidikan nonformal) pun hari ini, Jumat, 12 April 2019, mulai melaksanakan UNBK. Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan yang telah terakreditasi B di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, PKBM Harati melaksanakan UNBK Paket C sesuai dengan juknis dan jadwal yang ditentukan oleh pusat setiap tahunnya.

Deny Hidayat, Ketua PKBM Harati, mengatakan, UNBK merupakan salah satu syarat kelulusan bagi warga belajar pendidikan nonformal Paket A, B, dan C. UNBK dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat dan wajib diikuti oleh seluruh warga belajar paket. Selain UNBK, warga belajar di PKBM Harati juga telah melaksanakan ujian semester, USBN, dan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan. PKBM Harati tahun ini melaksanakan UNBK secara mandiri sebagai wujud keseriusan dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas dan berprestasi.

UNBK Paket C Tahun 2019 di Kabupaten Kotawaringin Timur dilaksanakan selama empat hari, dimulai tanggal 12 sampai dengan 15 April 2019. Ada enam mata pelajaran yang diujikan, sama dengan SMA jurusan IPS. Tingkat kesulitan dan kerahasiaan juga sama bobotnya dengan UNBK SMA. Standar pelaksanaan UNBK Paket memang sama persis dengan UNBK pada sekolah formal. Yang membedakannya ialah UNBK Paket dilaksanakan sekitar dua minggu setelah sekolah formal.

Pendidikan Kesetaraan adalah jalur pendidikan alternatif yang memfasilitasi masyarakat untuk kembali dan terus belajar melalui jalur pendidikan nonformal. Peserta Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C memiliki hak yang sama dengan siswa di pendidikan formal, yaitu memperoleh pendidikan yang bermutu dan diakui. Pendidikan Kesetaraan menerima warga belajar atau masyarakat dari semua kalangan, usia, dan latar belakang. Pendidikan Kesetaraan memfasilitasi masyarakat yang dulu pernah putus sekolah formal, masyarakat yang sibuk bekerja, masyarakat yang tidak mampu, masyarakat yang lanjut usia, dan masyarakat yang kesulitan melanjutkan pendidikannya di sekolah formal. PKBM sebagai lembaga penyelenggara pendidikan nonformal berperan aktif untuk menyosialisasikan dan memberikan pelayanan pendidikan nonformal yang berkualitas.

“Kami pengelola PKBM Harati terus berkomitmen untuk melaksanakan penyelenggaraan pendidikan nonformal yang berkualitas dan berstandar nasional, mulai dari pembelajaran yang aktif dilaksanakan seminggu 3x pada malam hari sampai dengan penyelenggaraan UNBK mandiri sekarang. Karena itu kami alhamdulillah diberikan akreditasi B oleh Badan Akreditasi PAUD dan PNF.  Kami satu-satunya PKBM di Kabupaten Kotawaringin Timur yang mendapat akreditasi B. Selain memberikan pembelajaran, kami juga memberikan keterampilan dan motivasi kepribadian kepada warga belajar agar mereka siap kerja dan siap untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tahun ini kami akan kembali membuka pendaftaran warga belajar baru tahun pelajaran 2019/2020. Semua masyarakaf Kotim baik di dalam kota, luar kota, maupun di perdesaan bisa mendaftar Paket A, B, dan C di PKBM Harati. Kami memberikan pembelajaran online dan reguler berstandar nasional dengan ijazah yang diakui secara nasional pula. Masyarakat dapat mendaftarkan diri di kantor sekretariat kami di Jalan Pramuka Km 1,5, Sampit atau melalui situs www.pkbmharati.com,” ujar Deny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *