SEMARAK HUT RI KE-73 ala 3 UPT PUSAT

SEMARAK HUT RI KE-73 ala 3 UPT PUSAT 

Di tahun 2018, untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-73, tiga UPT Pusat Kemendikbud yakni BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah, LPMP Kalimantan Tengah, dan Balai Bahasa Kalimantan Tengah kembali bersinergi menyelenggarakan rangkaian kegiatan lomba dan pelaksanaan Upacara Bendera. Kebersamaan yang tentu berbeda dengan peringatan di tahun sebelumnya ini diharapkan lebih mempererat jalinan silaturahmi di antara ketiga UPT Pusat tersebut. Di samping itu, dapat berdampak positif pada pengimplementasian tugas dan fungsi ketiga lembaga sebagai UPT Pusat Kemendikbud dalam memajukan pendidikan di provinsi Kalimantan Tengah.

Rangkaian peringatan hari Proklamasi diawali dengan sejumlah kegiatan lomba yang digelar secara bahu membahu antara ketiga UPT Pusat sebagaimana kesepakatan dalam rapat persiapan. Kegiatan berbagai lomba dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 13 s.d. 16 Agustus 2018. Semangat gotong royong yang diusung ketiga UPT mengiringi kelancaran perlombaan.

Peringatan Proklamasi dilengkapi dengan pelaksanaan Upacara Bendera di halaman LPMP Kalimantan Tengah. Upacara berlangsung khidmat, dihadiri oleh pegawai-pegawai dari ketiga UPT baik PNS maupun tenaga honorer, dalam balutan beragam busana adat. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala LPMP Kalimantan Tengah. Beliau membacakan naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang intinya mengingatkan pada janji kemerdekaan khususnya pada diksi mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan dipercayai sebagai salah satu jalan perubahan menuju perbaikan, yakni menuju Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Oleh karenanya, dihimbau untuk tidak berhenti melakukan upaya pembenahan bidang pendidikan agar jalan perubahan tetap pada rel yang benar sehingga tidak hanya sesuai dengan arah cita-cita bangsa, tetapi juga dapat lari dengan cepat mengejar perkembangan zaman. Apalagi kenyataannya era reformasi yang telah memasuki tahun ke-20, baru menyentuh perombakan institusional dan belum banyak menghasilkan perubahan paradigma, pola pikir dan budaya kerja. Saatnya untuk menyudahi transisi yang berkepanjangan dan memasuki era Indonesia yang demokratis, sejahtera, berkeadilan dan bermartabat. Kerja nyata prestasi bangsa.

Rangkaian kegiatan peringatan ditutup dengan jamuan santai. Disisipi acara surprise bagi kepala LPMP Kalimantan Tengah yang berulang tahun ke-54. Sejenak lagu ‘Selamat Ulang Tahun’, tepuk tangan, ucapan selamat dan doa terbaik pun dipersembahkan para hadirin kepada beliau. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Selamat kepada para pemenang yang telah berjuang dalam kancah perlombaan. Semoga semangat ini tetap membingkai hari-hari selanjutnya sebagai abdi negara, berjuang memajukan pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *