Sosialisasi Slogan Salam Genre Dan Ela Kawin Tabela Di PKBM Mendawai

                        

Sosialisasi Slogan Salam Genre Dan Ela Kawin Tabela Di PKBM Mendawai

Penulis: Dwi Susilo

Sabtu sore, 25 Agustus 2018, PKBM Mendawai kedatangan tamu dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah. Kunjungan dari tim yang terdiri dari 6 orang ini, merupakan wujud kerjasama antara PKBM Mendawai dengan pihak BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah. Sekitar 40 orang peserta didik binaan PKBM Mendawai beserta para pendidiknya menghadiri kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan lancar.

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah Nomor: 236/069/dp3appkb-v/0318 tentang Pencegahan/Penghapusan Perkawinan Usia Anak di Kalimantan Tengah, sekaligus memperingati Hari Remaja Internasional Tingkat Provinsi dengan slogan “Ela Kawin Tabela”. Tim tersebut mengemban tugas untuk memberikan pendidikan, pengetahuan dan berbagai informasi yang terkait dengan pernikahan dini, dengan mengusung slogan “Salam GenRe”.  Salam GenRe (Generasi Berencana), merupakan program dari BKKBN untuk remaja agar mampu menyiapkan kehidupan keluarganya kelak sehingga mampu melaksanakan pendidikan, karir, dan pernikahan terencana.

Sebagai pemateri, Evi Meilintina, S.Pd menjelaskan mengenai Salam GenRe, data tentang pernikahan dini di Indonesia, bahaya seks bebas dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif), serta tips bagaimana membangun keluarga berencana. Pihak BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah berharap warga PKBM Mendawai juga turut serta menjadi pendukung program pemerintah tersebut, demi kelangsungan kehidupan yang lebih baik, berkualitas dan bahagia. Mengingat data dari Badan Pusat Statistik tahun 2017, tingkat perkawinan anak di pulau Kalimantan cukup tinggi. Provinsi Kalimantan Tengah menduduki tingkat kedua setelah Kalimantan Selatan dengan persentase 39,21%. Di tahun 2018, Kalimantan Tengah menduduki posisi pertama dengan persentase 50%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *