Anjangsana PKBM Sekota Palangkaraya Di Panti Sosial Bina Laras

Anjangsana PKBM Sekota Palangkaraya Di Panti Sosial Bina Laras

Penulis: Vina

Masih dalam semarak memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 73, rombongan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) kota Palangka Raya mengadakan Bakti Sosial berupa kunjungan ke Panti Sosial Bina Laras Pambelum. Kegiatan ini dilatarbelakangi kepedulian para Pengelola terhadap warga yang perlu dukungan mental, sosial dan spiritual yang ada di Panti Sosial Bina Laras Pambelum.

Panti Sosial Bina Laras (PSBL) yang beralamat di Jalan Rajawali VII Palangka Raya ini merupakan tempat rehabilitasi bagi warga yang mengalami gangguan mental. Menurut hasil survei lapangan yang dilakukan oleh panitia kegiatan Bakti Sosial, PSBL dihuni oleh 10 warga panti dengan latar belakang yang berbeda. Pegawai yang bertugas mengelola panti terdiri atas 3 orang ASN dan 2 orang tenaga honorer. Di samping itu, ditemukan juga adanya beberapa program yang terkendala untuk dilaksanakan sebagai dampak minimnya anggaran tahunan dan donatur yang peduli terhadap warga panti.

Panitia penyelenggara kegiatan bakti sosial yang diberi nama ‘Anjangsana PKBM se Kota Palangka Raya’ ini terdiri atas perwakilan dari setiap PKBM di Kota Palangka Raya. Sebagai ketua adalah Erna Suriyani dari PKBM Mendawai. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 27 Agustus 2018, dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah  yakni Drs. Suhaimi, M.Pd.

Kegiatan bakti sosial ini diisi acara penyerahan bingkisan bagi warga panti berupa pakaian, selimut dan perlengkapan lainnya serta tanaman dengan media hidroponik. Pemberian tanaman dimaksudkan agar warga panti memiliki kegiatan positif dan bernilai ekonomis bagi kehidupan warga panti.

Besar harapan panitia, agar kegiatan sosial seperti ini dapat dilakukan kembali suatu hari nanti. Mengingat begitu pentingya kepedulian terhadap lingkungan sosial demi terwujudnya kehidupan yang layak dan bermartabat. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi diantara sesama penggiat pendidikan kota Palangka Raya. Sehingga akan tercipta jalinan komunikasi positif dalam menyelenggarakan program-program PKBM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *