SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalteng Raih Juara 2 Lomba Pasasi Nasional

SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalteng

Raih Juara 2 Lomba Pasasi Nasional

Lomba Pangkalan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti Berprestasi (Pasasi) yang berlangsung  tanggal 19—25 November 2018 menjadi momen bersejarah bagi Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah. SWBB yang baru terbentuk kurang lebih tiga  bulan lalu ini berhasil memperoleh juara 2 pada ajang lomba tingkat nasional tersebut.

Lomba yang digelar secara nasional tersebut diikuti oleh 21 pangkalan SWBB dari beberapa provinsi, yaitu SWBB pangkalan BP PAUD Dikmas Sumatera Utara, Disdikbud kota Pangkal Pinang, Disporabudpar Kota Tasikmalaya, PP PAUD Dikmas Jawa Tengah, SMAN 3 Bantaeng, SWBB cabang Ciamis, BPCB Klaten, UPT Jumantono, BP PAUD Dikmas Kalimantan Tengah, SKB Kabupaten Pacitan, BP PAUD Dikmas Gorontalo, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, SWBB Cabang Sukabumi, Dinas Pendidikan Provinsi Banten, SKB Gudo Kabupaten Jombang, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kota Kendari, Kota Gorontalo, BP PAUD Dikmas Kalimantan Selatan, dan BP PAUD Dikmas Sulawesi Tengah.

Potret dinamika pengelolaan pangkalan saka dan keunggulan-keunggulannya menjadi perhatian khusus dalam penilaian lomba ini. Penilaian oleh Tim Juri yang terdiri dari  unsur Pusdiklatnas Kawah Candradimuka dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap awal dilakukan visitasi terhadap pangkalan-pangkalan tersebut. Pangkalan yang berlomba menyusun portofolio yang kemudian dipantau oleh tim juri di lapangan. Unsur-unsur yang dilihat adalah sumber daya manusia, manajemen administrasi, pengelolaan dana, sarana dan prasarana, proses kegiatan yang dilaksanakan di lapangan, serta kemitraan. Penilaian potofolio berlanjut pada presentasi yang dilakukan di depan dewan juri yang berlangsung di lokasi lomba di Bumi Perkemahan Balun Ijuk, Bangka Belitung. Pada tahap ini dipilih 6 pangkalan SWBB terbaik yang akan memasuki babak final puncak (grandfinal). Pada presentasi babak final puncak masing-masing pangkalan terbaik mempresentasikan program yang dilakukan untuk pengembangan pangkalan masing-masing.

Ada beberapa program yang direncanakan oleh SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah untuk pengembangan pangkalannya yaitu 3 krida yang selama ini ada di pangkalan ini, yaitu krida AUD, krida PKH, dan krida Bina Seni dan Film akan ditambah SKK nya serta krida lainnya. Di samping itu, SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah akan membantu SWBB daerah Kalimantan Tengah untuk mempercepat pembentukan SWBB di cabang-cabang, baik di kota Palangka Raya maupun di kabupaten lain yang sudah siap untuk membentuk SWBB. Program SWBB Goes to Campus merupakan salah satu program SWBB pangkalan BPPAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah yang akan tetap diteruskan dalam upaya menambah pangkalan SWBB di kampus Universitas Palangka Raya (UPR). Kemitraan akan lebih diperkuat lagi oleh SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah dengan Kalteng Pos sebagai sarana publikasi kegiatan yang dilaksanakan.  Lembaga PAUD sebagai wadah praktik anggota SWBB di krida AUD, UPR sebagai Universitas yang mendukung terlaksananya SWBB Masuk Kampus, UPT Museum sebagai UPT Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang mampu membina anggota SWBB di Krida Bina Cagar Budaya dan Museum.

Ketua Pinsaka Daerah Kalimantan Tengah, Didik Tri Yuswanto, yang secara langsung hadir dan memberikan dukungan dalam kegiatan lomba di Bangka menyatakan kebanggaannya terhadap SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas yang dibinanya.

“Meskipun SWBB pangkalan ini baru berjalan tiga bulan, tetapi mampu secara konsisten menunjukkan eksistensinya melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di pangkalan BP PAUD dan Dikmas setiap minggu. Saya berharap keberhasilan meraih juara 2 dalam Lomba Pangkalan Saka Widya Budaya Bakti  Berprestasi Tingkat Nasional 2018 ini memberikan inspirasi untuk terus berinovasi dengan memaksimalkan sumber daya  yang ada di pangkalan  SWBB. Mudahan-mudahan SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas Kalimantan tengah yang menjadi pionir lahirnya SWBB di Kalimantan Tengah dapat berpartisipasi dalam percepatan pembentukan satuan karya bidang pendidikan dan kebudayaan ini di cabang-cabang di kota Palangka Raya dan beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah,” tuturnya berharap. (E.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *