SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah Ikuti Pasasi 2019

SWBB PANGKALAN BP-PAUD DAN DIKMAS KALIMANTAN TENGAH  IKUTI PASASI  2019

Satuan Karya Widya Budaya Bakti (SWBB) adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pendidikan dan kebudayaan khususnya pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal, seni dan film, tradisi, sejarah, nilai budaya, cagar budaya dan museum yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam wadah SWBB anggota-anggotanya dididik dengan tujuan:  Mampu berperan serta secara aktif dalam mendukung kegiatan pendidikan dan kebudayaan di lingkungannya; Mampu dan mau menyebarluaskan kepada masyarakat tentang informasi dan pengetahuan mengenai pendidikan dan kebudayaan; Memberikan latihan dan peran serta dalam mendukung kegiatan pendidikan dan kebudayaan kepada para pramuka di gugus depan; Menumbuhkembangkan minat terhadap Saka Widya Budaya Bakti di setiap gugus depan dan pembentukan Saka Widya Budaya Bakti di setiap kwartir ranting/kwartir cabang.

Untuk memberikan penghargaan bagi pengelolaan dan pengembangan pangkalan SWBB yang unggul, khususnya pangkalan yang berada di UPT Kemendikbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kwartir Nasional melaksanakan pembinaan dan pengembangan pangkalan saka dalam bentuk lomba Pangkalan Saka Berprestasi (Pasasi). Lomba yang berdimensi pemotretan dinamika pengelolaan  SWBB di UPT Kemendikbud bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi pangkalan SWBB yang telah mengelola dan mengembangkan pengkalannya yang memiliki keunggulan dalam bidang sumberdaya manusia, manajemen dan administrasi, dana, sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi, dan kemitraan.

SWBB pangkalan BP-PAUD dan Dikmas Kalteng yang telah terbentuk sejak Agustus 2018 tergolong sebagai pangkalan SWBB baru. Satuan karya ini menjadi salah satu satuan karya yang cukup diminati oleh pramuka penegak di kota Palangka Raya. Beberapa krida yang menjadi minat anggota satuan karya ini adalah krida bina seni dan film. Dalam krida ini anggota SWBB belajar proses pengeditan video dan seni tari. Krida lain yang diminati adalah krida Pendidikan Kecakapan hidup (PKH). Di krida ini anggotanya belajar membuat telur asin, mengolah jamu tradisional,  dan membuat kerajinan anyaman dari rotan. Di samping ke dua krida tersebut, kegiatan pelestarian permainan tradisional melalui krida bina nilai budaya menjadi kegiatan yang cukup diminati. Permainan balogo sebagai permainan tradisional Kalimantan menjadi fokus utama dalam kegiatan dalam krida ini.

Mengangkat beberapa kearifan lokal Kalimantan Tengah SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah mampu menjadi pangkalan SWBB yang memiliki keunggulan dalam pengelolaannya. Untuk itulah,  pada tahun 2019 SWBB yang berpangkalan di Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Palangka Raya ini untuk kedua kalinya mengikuti lomba Pangkalan Satuan Karya Widya Budaya Bakti Berprestasi (PASASI). Penilaian terhadap pangkalan ini diadakan di pangkalan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah dari tanggal 11–13 November 2019. Penilaian pangkalan SWBB tahap pertama ini berupa penilaian terhadap presentasi dan portofolio pangkalan SWBB bersangkutan. 3 penilai yang bergabung dalam 1 tim saat itu terdiri dari Ahmad Subchan dari unsur pimpinan satuan karya widya budaya bakti tingkat nasional, Hj. Sunarty dari unsur kwartir nasional gerakan pramuka, dan H. Hidayatullah dari unsur kwartir daerah gerakan pramuka. Tim penilai memberikan penilaian terhadap presentasi tentang pengelolaan pangkalan SWBB dan mengkaji profil dan portofolio pangkalan SWBB. Sambutan dan apresiasi yang baik diberikan oleh tim penilai atas upaya keras seluruh elemen terkait terhadap pengelolaan pangkalan SWBB BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Tengah. (E.A).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *