Kunjungan Ke Kebun Buah, “Bunda, Apa Saja Buah Di Sini?”

KUNJUNGAN KE KEBUN BUAH, “BUNDA, APA SAJA BUAH DI SINI?”

Sudah menjadi hal yang wajar bila di setiap akhir tema pembelajaran akan diadakan kegiatan puncak tema agar anak-anak PAUD dan TK bisa merasakan, melihat, dan mengalami sendiri apa saja yang telah mereka pelajari selama mereka belajar di sekolah. Hal ini juga dilakukan oleh TK Islam Al-Ukhuwah, Jalan Seth Adji, Palangka Raya,  yang pada bulan September lalu mengadakan kunjungan ke kebun buah sebagai kegiatan puncak tema tanaman.

Siswa-siswi TK Islam Al-Ukhuwah sangat antusias untuk berkunjung ke kebun buah milik Pak Slamet Riyadi. Keantusiasan para siswa sangat menular, keceriaan mereka pun turut menyemarakkan kegiatan tersebut. Siswa-siswi beserta guru dan wali murid disambut oleh Pak Slamet selaku pemilik kebun buah yang beralamat di Jalan Pasir Panjang . Jenis pohon buah yang ditanam beliau cukup beragam, mulai dari mangga, pepaya, jeruk, dan juga kelengkeng. Beliau mengucapkan terima kasih atas kunjungan TK Islam Al-Ukhuwah. Beliau juga mengatakan kegiatan puncak tema seperti ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan lingkungan dan juga tanaman apa saja yang terdapat di kebun.

“Kegiatan ini benar-benar bagus. Saya senang anak-anak antusias untuk melihat buah apa saja yang ada di kebun ini,” ujar Pak Slamet, “Saya harap kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tetap, karena selain melihat seperti apa bentuk buah yang ada, kita juga melihat seperti apa pohon yang menjadi tempatnya tumbuh.”

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan kegiatan mewarnai. Anak-anak begitu senang ketika mereka mulai mewarnai. Banyak yang menerka nama buah yang ada pada kertas di tangan mereka sambil mewarnai gambar pada kertas dengan warna-warni cantik.

Salah seorang siswi Kelas Ar-Rahman Tk Islam Al-Ukhuwah, Aira Qurrata Aini, bertanya pada Bunda-nya, “Bunda, apa saja buah di sini? Kalau itu buah apa namanya?”

Sungguh, keingin-tahuannya sangat besar. Ini adalah salah satu contoh yang luar biasa bahwa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar pada hal-hal baru di sekitarnya.

Setelah melakukan kegiatan mewarnai, anak-anak kemudian diperbolehkan berkeliling kebun buah bersama orangtua mereka. Sama seperti Aira, mereka pun sangat ingin tahu apa saja pohon buah yang mereka temui. Salah satunya adalah Meiga, yang menunjuk sebuah pohon kelengkeng dan dengan bangga mengatakan tahu jenis pohon apa itu.

Kegiatan tersebut berakhir dengan lancar walau anak-anak tampak tak puas dengan hanya berkeliling sebentar saja. Ketika ditanya mengapa mereka tak mau pulang saat waktu sudah menunjukkan siang hari, salah seorang siswa berkata, “Aku belum lihat pohon di ujung kebun sana. Lain kali kita ke sini lagi ya, Bunda. Aku belum puas berkeliling,” Ucap Faeza, salah satu siswa Kelas Ar-Farabi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *