Sosialisasi Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Terpilih Provinsi Kalimantan Tengah

Program Sekolah Penggerak telah resmi disiarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim melalui kanal Youtube KEMDIKBUD RI (1/2). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan Program Transformasi Sekolah sebelumnya, dimana program ini adalah kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah.

Tindak lanjut Sosialisasi Program Sekolah Penggerak di Provinsi Kalimantan Tengah telah dilaksanakan secara virtual via zoom meeting dan disiarkan live melalui Youtube oleh penyelenggara yaitu LPMP Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan BP PAUD dan DIKMAS Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten, juga sekolah-sekolah jenjang Pendidikan Dasar hingga Menengah Negeri maupun Swasta di 4 (empat) Kabupaten terpilih di Provinsi Kalimantan Tengah. Empat Kabupaten terpilih diantaranya Kabupaten Kapuas (10/2), Kabupaten Murung Raya (11/2), Kabupaten Gunung Mas (13/2), dan Kabupaten Barito utara (16/2).

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Sekolah Penggerak di Provinsi Kalimantan Tengah telah berjalan dengan baik, walaupun terdapat sedikit terkendala teknis yaitu signal internet yang kurang stabil, namun penyampaian materi dan sesi tanya jawab di setiap Kabupaten cukup lancar terkendali. Materi disampaikan secara jelas oleh beberapa Narasumber penyampai materi yang poin-poinnya terdiri dari beberapa sub yaitu pengenalan Sekolah Penggerak, mekanisme seleksi Sekolah Penggerak dan Tata cara pendaftaran Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak.

Dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten ditunjukkan dengan ditampilkannya video testimoni pemimpin Daerah terhadap Program Sekolah Penggerak, kemudian keterlibatan Plt. Kepala Dinas Disdik Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten menyampaikan support statement di awal maupun akhir kegiatan pada setiap kegiatan zoom meeting Sosialisasi Program Sekolah Penggerak berlangsung.

Pendaftaran peserta seleksi Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak telah dibuka dan akan ditutup tanggal 6 Maret 2021, pendaftaran dapat diakses melalui link:  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/pendaftaran-sekolah-penggerak.

Kolaborasi antara Kemdikbud dan Pemerintah Daerah ini diharapkan dapat terlaksana secara maksimal demi tercapainya tujuan Program pemerintah dalam bidang Pendidikan yaitu dapat mengakselerasi sekolah Negeri maupun Swasta untuk bergerak lebih maju dalam tahapan capaian transformasi sekolah dalam jangka 3 (tiga) Tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *