Pendampingan Verval TIK Satuan Pendidikan

Menindaklanjuti surat dari Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen tentang Pemberitahuan Pendampingan dan Pemantauan Pelaksanaan Verval TIK dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021, Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Tengah selaku unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di daerah, mengadakan kegiatan Pendampingan dan Pemantauan Verval TIK dalam rangka persiapan Asesmen Nasional tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 29 Mei 2021. Adapun yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Satuan Pendidikan Non Formal yang ada di Kalimantan Tengah yang belum melakukan update data TIK-nya serta Dinas Pendidikan setempat. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini bertujuan untuk mengkonfirmasi terkait dengan progres verval TIK yang sedang berlangsung, juga sebagai wadah konsultasi bagi Satuan Pendidikan atau Dinas Pendidikan yang mengalami kendala atau masalah dalam pelaksanaan verval TIK.

Diketahui dari kegiatan tersebut, masih banyak satuan pendidikan non formal yang belum melakukan update data TIK-nya dikarenakan  sudah tidak aktif lagi namun masih tercatat aktif sebab dari Dinas Pendidikan belum memperbarui statusnya di dapodik. Ada sekitar 30 satuan pendidikan non formal yang telah ‘mati suri’  berdasarkan hasil konfirmasi ke dinas pendidikan dan ketua Forum PKBM. Selain itu terdapat juga operator sekolah yang sudah tidak bekerja di satuan pendidikan tersebut, namun tidak memberikan nama pengguna dan sandi untuk mengakses aplikasi verval TIK. 

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut, kami merekomendasikan kepada dinas pendidikan agar segera menonaktifkan satuan pendidikan yang sudah tidak beraktivitas lagi dan meminta kepada dinas setempat untuk menyuruh satuan pendidikan dibawahnya agar segera melakukan update data TIK-nya sebelum bulan Mei berakhir agar dapat dipetakan status pelaksanaan Asesmen Nasionalnya. Kami juga meminta kepada satuan pendidikan agar proaktif berkoordinasi dengan dinas setempat agar dapat yang telah diinput cepat diproses dan divalidasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *